Apa Saja Perawatan Rambut Kering? Intip Sederet Tipsnya, Mudah Banget!

Instant Robust Hosting Services

Berita terkait Apa Saja Perawatan Rambut Kering? Intip Sederet Tipsnya, Mudah Banget! ini bungomedia sajikan untuk anda yang sedang mencari berita terpopuler yang kami kutip dari berbagai situs.

Anda juga bisa mencari berita terkait yang kami rangkum dalam topics Breaking News, yang kami publis pada 2022-12-31 23:54:41.

Sekilas Tentang Bungomedia.eu.org, kami adalah blog yang membahas banyak hal, dari ekonomi, bisnis, tutorial, cara bisnis online, mengulas produk dan menyediakan jasa backlink portal media berita nasional.

Semua informasi yang kami beritakan di kutip dari berbagai sumber terpercaya dan anda bisa mengunjungi situsnya yang pada akhir artikel ini.

Simak dan join di channel TelegramLokerNews” agar tidak ketinggalan berita loker terbaru Lainnya, silahkan Klik https://t.me/lokernews

Berikut ini berita dan informasi selengkapnya yang kami rangkum di bawah ini:

Apa Saja Perawatan Rambut Kering? Intip Sederet Tipsnya, Mudah Banget!

Suara.com – Perawatan rambut kering sangat dibutuhkan, terlebih aaat rambut terasa kering ketika disentuh, kondisinya juga mungkin akan rapuh dan sulit ditata. Paparan sinar matahari, penataan panas, kelembapan, merokok, dan lainnya dapat menyebabkan rambut rusak dan kering. 

Kabar baiknya adalah ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika ingin mengurangi kekeringan pada rambut. Untuk itu, simaklah perawatan rambut kering seperti dilansir Healthline 

1. Potong Rambut

Ilustrasi potong rambut. (Pixabay/kaleido-dp)

Jika rambutmu terlalu kering, mungkin perlu diatur ulang dalam bentuk potongan baru. Meskipun rambutmu tidak terlalu panjang, ujung bercabang dapat membuat rambut sulit ditata dan membuatnya terasa kering atau kasar. 

Baca Juga:
5 Efek Samping Catok Rambut, Benarkah Dapat Menyebabkan Kanker?

Kunjungi salon dan pangkas rambut yang tidak sehat dan membebani pertumbuhan rambut segar. Saat kamu di sana, tanyakan kepada penata rambut apakah mereka memiliki tip untuk jenis dan panjang rambut khususmu. Mereka mungkin merekomendasikan rutinitas penataan baru yang dapat menjaga rambut agar tidak rusak.

2. Minum vitamin 

Kamu tahu bahwa kamu membutuhkan vitamin tertentu untuk menyehatkan tubuh, tetapi vitamin tertentu juga berdampak langsung pada kesehatan rambut dan kuku. Vitamin A, vitamin C, biotin (terkadang disebut vitamin H), dan mineral zat besi semuanya akan berkontribusi pada rambut yang terlihat lebih sehat. 

Karena vitamin prenatal mengandung semua vitamin di atas, beberapa orang meminumnya hanya karena pengaruhnya terhadap rambut. Kamu mungkin juga melihat suplemen protein laut, yang telah dipercaya untuk membantu rambut menjadi lebih sehat.

3. Tambahkan Omega-3 dan Antioksidan ke Dalam Diet

Baca Juga:
Ternyata keramas tiap hari bisa bikin rambut kering loh! Simak cara perawatan rambut kering!

Ilustrasi ikan salmon (Freepik.com/freepik)
Ilustrasi ikan salmon (Freepik.com/freepik)

Protein laut menjaga agar rambut tidak menipis dan dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau. Untuk mendapatkan hasil yang serupa tanpa mengonsumsi suplemen, tingkatkan jumlah protein laut dalam makanan. 

Ini termasuk ikan salmon tiram, ikan kembung, tuna, dan sarden. Ini semua kaya akan peptida dan omega-3, yang dapat membuat rambut lebih berkilau.

Kamu mungkin juga mempertimbangkan makan lebih banyak antioksidan untuk melawan stres oksidatif, yang membuat rambut terlihat lebih tua. Beberapa makanan yang kaya akan antioksidan antara lain kenari, kacang merah, bluber, brokoli, tomat.

Mayo Clinic menekankan lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam minyak kanola, untuk kesehatan rambut yang lebih baik.

4. Hindari Mencuci Rambut Setiap Hari

Sampo menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut, tetapi juga menghilangkan sebum di sana. Sebum adalah minyak alami yang membuat rambut lebih mudah dirawat dan, bila kamu memiliki jumlah yang tepat, rambut akam tampak berkilau. 

Terlalu banyak sebum menyebabkan penampilan rambut berminyak. Tetapi kamu mungkin tidak perlu menghilangkan sebum dari rambut setiap hari. Kamu dapat mencuci rambut dua hari sekali dan hasilnya rambut Anda tampak lebih sehat.

Jika kamu tidak bisa melewatkan satu hari pun di antara keramas, setidaknya gunakan sampo khusus untuk rambut kering atau bahkan coba sampo bayi. Keduanya sedikit membersihkan tanpa menghilangkan minyak alami rambut sepenuhnya.

5. Bungkus Rambut Alih-alih Mengeringkannya Sendiri

Jika rambutmu rapuh dan sulit ditata setelah keramas, mungkin rambut akan kehilangan terlalu banyak kelembapan selama proses pengeringan. Cobalah membungkus rambut dengan kain atau handuk setelah keramas alih-alih membiarkannya mengering. 

Jika kamu tidur dengan rambut basah, gunakan sarung bantal sutra agar kelembapan rambut tidak terserap ke dalam bantal. Jika kamu membiarkan rambut basah dalam waktu lama, satu studi dari 2011 mengamati kerusakan yang sebanding dengan pengeringan.

6. Kurangi Pakai Alat Styling Panas

Ilustrasi styling rambut (Pixabay)
Ilustrasi styling rambut (Pixabay)

Penataan panas untuk mengeriting, meluruskan, atau menambah volume pada rambutmu mungkin telah menjadi bagian dari rutinitas harianmu selama bertahun-tahun. 

Mungkin juga menjadi alasan rambutmu mengering. Jika kamu akan mengeringkan rambut, jauhkan pengering setidaknya 6 inci dari batang rambut untuk hasil terbaik.

7. Cobalah Mandi Air Dingin 

Air panas yang kamu gunakan untuk membilas tubuh saat mandi juga bisa membuat rambut mengering. Mandi air dingin memiliki beberapa manfaat kesehatan, dan membuat rambut tumbuh lebih cepat bisa menjadi salah satunya.

Setelah kamu keramas dan kondisioner rambut di kamar mandi, bilas rambut di bawah air bersuhu lebih dingin selama satu atau dua menit untuk merevitalisasi helai rambut dan menyegarkan kulit kepalamu.

Kesimpulan

Itulah informasi tentang Apa Saja Perawatan Rambut Kering? Intip Sederet Tipsnya, Mudah Banget! yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Berita selengkapnya bisa anda akses melalui situs berikut ini: https://www.suara.com/lifestyle/2022/12/31/235441/apa-saja-perawatan-rambut-kering-intip-sederet-tipsnya-mudah-banget

Comment