Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Pilihlah topik yang sering dibahas seperti tentang pendidikan, ekonomi, kesehatan, hobi maupun pengembangan usaha mandiri

Technology1162 Views

BUNGOMEDIA.EU.ORG – Di era yang berbasis digital sekarang ini, ada banyak cara mendapatkan uang dari internet dan beragam peluang yang ditawarkan. Kini internet merupakan sarana yang dipilih untuk menghasilkan uang karena mudah dan fleksibel bisa dilakukan dimana saja tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Telah banyak orang yang mempunyai blog untuk membagikan dan memajang hasil karyanya. Namun, Anda bisa menggunakan blog untuk menjual produk tertentu untuk mendatangkan penghasilan, maka buatlah blog yang menarik enak dipandang mata dengan tujuan jangka panjang.

Pilihlah topik yang sering dibahas seperti tentang pendidikan, ekonomi, kesehatan, hobi maupun pengembangan diri. Asah kemampuan Anda dengan banyak membaca buku untuk membuat konten yang berkualitas.

Selain itu, Anda juga harus mempelajari tentang mengoptimasi website, content management system (CMS) dan Google Analytics guna mengetahui trafik blog dan memperbaiki peringkatnya di laman Google.

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Menjual barang secara online

Kian banyak situs eCommerce, atau toko online yang menjadi wadah untuk berjualan. Apa pun barangnya bisa Anda jual melalui situs tersebut. Saat ini makin banyak pembeli yang lebih suka belanja online daripada harus ke toko karena hemat tenaga dan ongkos untuk pergi.

Disamping menguntungkan pembeli, penjual pun juga merasakannya karena harus membayar sewa toko yang mahal, diperlukan pegawai untuk mengurusi toko dan biaya-biaya operasional lainnya. Selain itu, Anda lebih mudah untuk memasarkan produk ke berbagai negara.

Menjadi Freelancer

Menjadi freelancer belakangan banyak digemari orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Terdapat beberapa situs seperti outfiverr.com, upwork.com, freelancer.com, dan worknhire.com yang menyediakan tawaran pekerjaan freelance. Sebagai pemula, Anda juga bisa mencarinya di situs lowongan kerja seperti LinkedIn.

Caranya dengan membuat akun di situs tersebut, membaca dengan teliti, dan melamar sesuai dengan kemampuan Anda. Beberapa situs mengharapkan Anda untuk menambahkan curriculum vitae, sehingga klien yang cocok dengan Anda dapat menghubungi secara langsung untuk menawarkan pekerjaan.

Agar bisa dilirik oleh klien melalui keempat platform tersebut, asah kemampuan serta keahlian yang dimiliki dan tetapkan niche. Misalnya, kalau Anda ingin bekerja sebagai freelance desainer grafis, pilih niche seputar desain grafis, tutorial, dan lain sebagainya.

Bergabung pada program afiliasi

Afiliasi merupakan salah satu bidang bisnis internet yang hingga saat masih banyak peminatnya. Bisnis Afiliasi saat ini merupakan konsep penjualan online yang melibatkan pemilik barang, perantara dan pembeli untuk menjual barang di dunia maya.

Di dalam dunia nyata afiliasi bisa disamakan dengan calo, makelar, sponsor, dan perantara. Seorang yang menjadi perantara di dalam bisnis internet disebut affiliate.

Affiliate mendapatkan pendapatan dari komisi menjual barang milik pedagang lain tanpa harus mencari downline. Caranya dengan dengan merekomendasikan atau memberi ulasan suatu produk melalui website Anda dan sertakan link afiliasi seperti halnya bisnis affiliasi penjualan hosting murah atau sebagainya.

Ketika ada pembeli produk dengan mengklik dari link tersebut, Anda mendapatkan komisi bergantung dari seberapa besar produk yang terjual.

Menjadi dropshipper

Bagi Anda yang ingin mencoba berjualan online melalui web toko online, portal berita online, pemasaran atau sosial media, anda dapat mencoba dropshipping. Dropshipping merupakan konsep berjualan tanpa stok barang. Barang yang dijual atau dipasarkan adalah milik orang lain.

Segala proses transaksi diatur oleh pemilik barang mulai dari packing, pengiriman dan pengerjaan barang barang custom). Caranya Anda bisa memasang iklan sendiri marketplace, setelah terpanjang dan ada pembeli Anda menghubungi pihak penyedia barang untuk memesan produk dan segera memprosesnya.

Menjual foto dan video secara online

Cara lain mendapatkan uang pemula ialah berjualan foto dan video. Apalagi jika Anda memiliki hobi memotret objek dan merekam momen.

Terdapat situs yang mewadahi dan mengunggah koleksi foto dan video, situs-situs tersebut memiliki komunitas user yang besar. Caranya ketika ada orang yang ingin memakai foto maupun video Anda, maka harus membayarnya guna mendapatkan lisensinya.

Situs yang sering digunakan untuk menampilkan koleksi foto seperti Shutterstock dan iStockPhoto. Sedangkan untuk video VideoHive, Pond5, VideoBlocks dan Dissolve

Sebelum mengunggah koleksi Anda ke situs tersebut, luangkan waktu untuk riset atau mencari tahu style foto dan video yang paling banyak digunakan. Asah kemampuan untuk bisa mengedit gambar atau foto dan video secara mandiri bila perlu mengikuti kursus.