Fonterra Indonesia Raih Penghargaan Industri Hijau Berkat Aktivitas Bisnis Berkelanjutannya

Instant Robust Hosting Services

Berita terkait Fonterra Indonesia Raih Penghargaan Industri Hijau Berkat Aktivitas Bisnis Berkelanjutannya ini bungomedia sajikan untuk anda yang sedang mencari berita terpopuler yang kami kutip dari berbagai situs.

Anda juga bisa mencari berita terkait yang kami rangkum dalam topics Breaking News, yang kami publis pada 2023-01-09 04:14:13.

Sekilas Tentang Bungomedia.eu.org, kami adalah blog yang membahas banyak hal, dari ekonomi, bisnis, tutorial, cara bisnis online, mengulas produk dan menyediakan jasa backlink portal media berita nasional.

Semua informasi yang kami beritakan di kutip dari berbagai sumber terpercaya dan anda bisa mengunjungi situsnya yang pada akhir artikel ini.

Simak dan join di channel TelegramLokerNews” agar tidak ketinggalan berita loker terbaru Lainnya, silahkan Klik https://t.me/lokernews

Berikut ini berita dan informasi selengkapnya yang kami rangkum di bawah ini:

Fonterra Indonesia Raih Penghargaan Industri Hijau Berkat Aktivitas Bisnis Berkelanjutannya

Suara.com – Fonterra Indonesia belum lama ini menerima Penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin), karena telah memenuhi serangkaian persyaratan dan insentif keberlanjutan untuk membantu Indonesia menurunkan emisi karbonnya hingga 29 persen pada 2030.

Koperasi susu asal Selandia Baru yang memayungi beberapa brand produk susu tersebut berkomitmen untuk memproduksi nutrisi susu dengan cara peduli akan manusia, hewan, lingkungan dan masyarakat, serta baru saja mencapai penilaian tertinggi level 5 dari Kemenperin setelah evaluasi produksi, limbah, emisi, dan manajemen perusahaan di seluruh operasi manufakturnya di Indonesia.

Program Industri Hijau Indonesia sendiri dimaksudkan untuk mendukung pemerintah Republik Indonesia dalam transformasinya menuju pembangunan industri yang berkelanjutan, menyelaraskan pertumbuhan industri dengan kelestarian lingkungan untuk kepentingan masyarakat secara luas dan ibu pertiwi.

Dikutip dalam keterangan resminya, Herman Supriadi, Kepala Pusat Industri Hijau Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, menyatakan bahwa berdasarkan data perusahaan industri peserta Penghargaan Industri Hijau tahun 2022, apabila seluruh industri besar dan menengah di Indonesia menerapkan prinsip industri hijau, diperkirakan potensi penghematan energi mencapai 30.921 Terajoule (TJ) atau setara dengan Rp9,8 Triliun.

Selain itu, potensi transisi menuju Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 316.519 TJ, yang diperoleh melalui penggunaan panel surya, biomass, juga pemanfaatan limbah sebagai substitusi bahan bakar.

“Sementara itu, potensi penghematan air mencapai 8.335 juta meter kubik, setara dengan Rp20 Triliun yang diperoleh melalui upaya efisiensi air dan penggunaan air daur ulang dalam proses produksi,” terang Supriadi.

M. Ali Nasution, Operations Director Fonterra Brands Indonesia mengatakan Fonterra merasa sangat terhormat akan diakuinya proses manufaktur mereka yang berkelanjutan.

“Menjadi pemimpin dalam keberlanjutan adalah salah satu pilihan strategis yang telah kami buat selagi kami mempersiapkan target 2030 kami, dan sistem berbasis padang rumput Selandia Baru telah membantu kami memberikan nutrisi produk susu rendah karbon untuk dunia,” katanya.

Ali Nasution menambahkan sebagai koperasi susu global, pihaknya berkomitmen untuk memimpin transisi ke emisi GRK nol bersih untuk nutrisi susu, mengadopsi dan berinvestasi dalam praktik untuk memperbaiki lahan dan air, mengurangi limbah, dan melindungi kesejahteraan hewan.

Pada 2020, Fonterra Indonesia mengimplementasikan sistem tenaga surya pertama untuk Fonterra di Asia Tenggara di fasilitas manufakturnya di Cikarang.

“Dengan mengutilisasi energi panas dari matahari, sistem ini menggerakkan antara 15 hingga 25 persen kebutuhan energi fasilitas manufaktur tersebut dan telah mengurangi emisi CO2 fasilitas manufaktur tersebut hingga lebih dari 424 metrik ton per tahun,” lanjut Nasution.

Plant Manager Fonterra Brands Indonesia, Mohammad Aslam mengatakan bahwa menjaga dan meregenerasi lingkungan di komunitas Fonterra bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan sendiri, namun dibutuhkan upaya kolaboratif.

“Tahun ini, bahkan dengan adanya tantangan besar pandemi COVID-19, kami terus berusaha mengurangi jejak karbon di pabrik kami,” jelasnya.

“Kami telah berhasil mencapai target 30% lebih pengurangan emisi karbon melalui pemasangan solar panel dan penggunaan lampu LED, dan kami juga telah mencapai 30% lebih pengurangan penggunaan air melalui pemanfaatan air hujan (rainwater harvesting) di pabrik kami.”

Kesimpulan

Itulah informasi tentang Fonterra Indonesia Raih Penghargaan Industri Hijau Berkat Aktivitas Bisnis Berkelanjutannya yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Berita selengkapnya bisa anda akses melalui situs berikut ini: https://www.suara.com/pressrelease/2023/01/09/041413/fonterra-indonesia-raih-penghargaan-industri-hijau-berkat-aktivitas-bisnis-berkelanjutannya

Comment

News Feed