Ini Jenis BBM Dilarang Dijual Mulai Hari Ini 1 Januari 2023, Pertalite Dihapus?

Instant Robust Hosting Services

Berita terkait Ini Jenis BBM Dilarang Dijual Mulai Hari Ini 1 Januari 2023, Pertalite Dihapus? ini bungomedia sajikan untuk anda yang sedang mencari berita terpopuler yang kami kutip dari berbagai situs.

Anda juga bisa mencari berita terkait yang kami rangkum dalam topics Breaking News, yang kami publis pada 2023-01-01 09:12:07.

Sekilas Tentang Bungomedia.eu.org, kami adalah blog yang membahas banyak hal, dari ekonomi, bisnis, tutorial, cara bisnis online, mengulas produk dan menyediakan jasa backlink portal media berita nasional.

Semua informasi yang kami beritakan di kutip dari berbagai sumber terpercaya dan anda bisa mengunjungi situsnya yang pada akhir artikel ini.

Simak dan join di channel TelegramLokerNews” agar tidak ketinggalan berita loker terbaru Lainnya, silahkan Klik https://t.me/lokernews

Berikut ini berita dan informasi selengkapnya yang kami rangkum di bawah ini:

Ini Jenis BBM Dilarang Dijual Mulai Hari Ini 1 Januari 2023, Pertalite Dihapus?

Suara.com – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menetapkan peraturan baru mengenai penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM). Dalam aturan terbarunya, ada dua jenis BBM dilarang mulai 1 Januari 2023. Sehingga masyarakat harus beralih menggunakan BBM jenis lain. 

Diketahui, penetapan aturan ini tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 yang mengatur tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis BBM dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui SPBU dan atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan. 

Melalui aturan tersebut, mulai 1 Januari 2023 besok, pemerintah akan menghentikan peredaran BBM dengan angka oktan yang rendah di bawah RON 90. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi lingkungan dengan mendorong penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan. 

RON 88 adalah salah satu jenis BBM yang selama ini dijual SPBU Pertamina. Masyarakat selama ini mengenal jenis BBM RON 88 dengan nama premium. Adapun penghapusan BBM jenis tersebut dilakukan karena BBM jenis RON di bawah 90 dianggap tak ramah lingkungan. 

Baca Juga:
Ratusan Sopir Angkutan Umum di Bandung Barat Terima Subsidi BBM

Sedangkan, SPBU swasta yang menjual BBM dengan RON di bawah 90 juga akan dilarang. Hal tersebut berdampak terhadap SPBU Vivo yang selama ini menjual BBM RON 89 dengan nama Revvo 89. 

Sebelumnya, pemerintah telah mengatur mengenai formula dasar perhitungan harga BBM yang dimulai dari jenis premium dalam beleid. Akan tetapu, perhitungan harga premium hanya berlaku sampai 31 Desember 2022 dan tidak berlaku mulai 2023. 

Dengan kata lain, dua jenis BBM dilarang mulai 1 Januari 2023 yaitu premium dan Revvo 89. Penghapusan ini juga dilakukan  karena BBM jenis RON di bawah 90 dianggap tidak layak alias kotor. BBM yang boleh dijual mulai awal tahun 2023 hanya dengan bilangan oktan 90 ke atas. 

Dengan kebijakan terbaru itu, otomatis Pertalite sebagai BBM dengan kadar oktan (RON 90) dipastikan akan menjadi BBM penugasan. Sebagai informasi, Pertalite juga menjadi BBM dengan kualitas paling renfah di Indonesia per tahun 2023 di angka RON 90. 

Di sisi lain, BBM dari merek dagang swasta, selama ini penjualan BBM RON 90 masih dilakukan oleh dua perusahaan, yaitu Revvo 90 dari VIVO energy, dan juga British Petroleum (BP) 90. 

Baca Juga:
PPKM Dicabut, Netizen Komplain ke Jokowi: Copot Maskernya Kapan Bos?

Itulah jenis BBM dilarang mulai 1 Januari 2023. Setelah mengetahui informasi ini masyarakat bisa beralih menggunakan BBM jenis lain dengan kadar oktan 90 ke atas. 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Kesimpulan

Itulah informasi tentang Ini Jenis BBM Dilarang Dijual Mulai Hari Ini 1 Januari 2023, Pertalite Dihapus? yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Berita selengkapnya bisa anda akses melalui situs berikut ini: https://www.suara.com/news/2023/01/01/091207/ini-jenis-bbm-dilarang-dijual-mulai-hari-ini-1-januari-2023-pertalite-dihapus

Comment

News Feed