Komnas HAM Desak Kejagung Segera Ajukan Kasasi ke MA Atas Putusan Bebas terhadap Isak Sattu

Instant Robust Hosting Services

Berita terkait Komnas HAM Desak Kejagung Segera Ajukan Kasasi ke MA Atas Putusan Bebas terhadap Isak Sattu ini bungomedia sajikan untuk anda yang sedang mencari berita terpopuler yang kami kutip dari berbagai situs.

Anda juga bisa mencari berita terkait yang kami rangkum dalam topics Breaking News, yang kami publis pada 2022-12-10 13:27:45.

Sekilas Tentang Bungomedia.eu.org, kami adalah blog yang membahas banyak hal, dari ekonomi, bisnis, tutorial, cara bisnis online, mengulas produk dan menyediakan jasa backlink portal media berita nasional.

Semua informasi yang kami beritakan di kutip dari berbagai sumber terpercaya dan anda bisa mengunjungi situsnya yang pada akhir artikel ini.

Simak dan join di channel TelegramLokerNews” agar tidak ketinggalan berita loker terbaru Lainnya, silahkan Klik https://t.me/lokernews

Berikut ini berita dan informasi selengkapnya yang kami rangkum di bawah ini:

Komnas HAM Desak Kejagung Segera Ajukan Kasasi ke MA Atas Putusan Bebas terhadap Isak Sattu

Suara.com – Wakil Ketua Bidang Eksternal Komnas HAM Haris Semendawai  mengatakan Komnas HAM mendesak Kejaksaan Agung segera mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan bebas terhadap Isak Sattu.

“Untuk itu Komnas HAM mendesak Jaksa Agung agar segera melakukan upaya hukum kasasi dan mengajukan mereka yang menjadi komandan dan tanggung jawab komando atau pengendalian efektif dalam peristiwa tersebut untuk segera diproses dan diajukan ke pengadilan,” kata dia, hari ini.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Makassar memvonis bebas Isak Sattu pada Kamis (8/12/2022).

Isak Sattu dinyatakan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran HAM berat di Paniai.

Baca Juga:
Senator Asal Papua Barat Sesalkan Vonis Bebas Isak Sattu

Komnas HAM menilai putusan Pengadilan Negeri Makassar telah memupus harapan masyarakat akan terciptanya keadilan.

“Putusan bebas terhadap terdakwa kasus Paniai oleh Pengadilan HAM telah memupus harapan dan kepercayaan publik dan secara khusus korban,” kata Haris.

Haris menilai vonis bebas terhadap Isak Sattu seperti menjadi kuburan harapan para korban kasus dugaan pelanggaran HAM di Paniai.

“Pengadilan ham terkesan menjadi kuburan harapan untuk mendapat keadilan bagi korban PHB (pelanggaran HAM berat),” kata Haris.

Baca Juga:
Komnas HAM Dorong Kejaksaan Agung Ajukan Upaya Kasasi Terkait Vonis Bebas Terdakwa Tragedi Paniai

Kesimpulan

Itulah informasi tentang Komnas HAM Desak Kejagung Segera Ajukan Kasasi ke MA Atas Putusan Bebas terhadap Isak Sattu yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Berita selengkapnya bisa anda akses melalui situs berikut ini: https://www.suara.com/news/2022/12/10/132745/komnas-ham-desak-kejagung-segera-ajukan-kasasi-ke-ma-atas-putusan-bebas-terhadap-isak-sattu

Comment