Plagiarisme Politik

Pernyataan apa pun yang diterbitkan oleh seorang politisi yang tampaknya tidak berbahaya dapat berakhir sebagai berita utama di surat kabar

Politik58 Views

BUNGOMEDIAPlagiarisme Politik yang ada di dalam politik, setiap detail itu sangat penting. Bagi seorang politisi, kehidupan pribadi, riwayat keluarga, dan catatan medis dapat membuat perbedaan antara menang atau kalah dalam pemilihan. 

Pernyataan apa pun yang diterbitkan oleh seorang politisi yang tampaknya tidak berbahaya dapat berakhir sebagai berita utama di surat kabar maupun di media berita online, dipecah dan dimiringkan untuk keuntungan pihak lawan.

Salah satu contoh plagiarisme politik tentang Pernyataan dan pidato resmi adalah kesepakatan yang lebih besar , ini adalah konten yang mewakili sikap dan sudut pandang politisi kepada publik pemilih.

Sayangnya, beberapa kampanye belum menyadari pentingnya memeriksa ulang secara menyeluruh setiap pernyataan yang dikeluarkan seorang politisi. 

Salah satu contoh baru-baru ini adalah Les Otten, seorang kandidat Gubernur Maine yang kampanyenya baru-baru ini digoda dengan plagiarisme

Penutupan pertama muncul saat kampanye Otten merilis logo yang sangat mirip dengan logo kampanye Presiden Obama tahun 2008. 

Waspadai Plagiarisme Politik

Kesalahan berikutnya terjadi ketika Otten merilis jawaban resmi dalam menanggapi program pendidikan hibah federal ‘Race to the Top,’ yang tampaknya merupakan replika kata demi kata dari kata-kata politisi lain.

“ …Jawaban Otten atas pertanyaan tentang program hibah pendidikan federal Race to the Top. Editor Pine Tree Politics, Matthew Gagnon, membandingkan jawaban Otten dengan kesaksian yang diberikan selama sesi legislatif terakhir oleh Stephen Bowen dari Maine Heritage Policy Center. 

Kampanye Otten mengklaim bahwa kesalahan itu tidak disengaja: 

“Kami meminta maaf atas kelalaian yang tidak disengaja karena draf akhir tanggapan kami sedang disiapkan. Ini adalah kesalahan kelalaian bukan kesalahan komisi.”

Apakah plagiarisme politik itu disengaja atau tidak, kampanye Otten seharusnya lebih rajin memeriksa pernyataan apa pun sebelum dirilis. 

Dalam kasus kampanye yang tidak mengetahui bahwa pernyataan tersebut berasal dari sumber lain – penggunaan solusi pemeriksa plagiarisme seperti Ithenticate akan mencegah masalah apa pun dengan mendeteksi kecocokan duplikat.

Pada skala yang lebih luas, politisi yang ingin memastikan plagiarisme tidak pernah menjadi masalah harus menggunakan proses ‘editor’ yang serupa dengan penerbit berita – memeriksa keaslian fakta serta potensi duplikat konten. 

Kejujuran adalah sifat integral bagi politisi, sesuatu yang hampir selalu dicari oleh setiap pemilih. Plagiarisme Politik pada dasarnya mencuri kata-kata seseorang tanpa izin mereka, dapat membunuh peluang politisi mana pun untuk tampil sebagai orang yang jujur.

Kutipan:

Staf BDN “Calon Gubernur GOP Les Otten in plagiarism flap” The Bangor Daily News 3 Mei 2010. http://www.bangordailynews.com/detail/142555.html